Senin, 28 Februari 2011

Universitas Terkemuka di Kanada


Kanada adalah salah satu Negara yang berada di daerah utara bumi ini. Selain memiliki alam yang menarik, Negara yang dikenal oleh anjing labradornya juga memiliki beberapa universitas terbaik didunia. menurut situs www. topunivesities.com pada tahun 2010 canada menempatkan beberapa universitasnya dalam daftar univesitas terbaik di dunia. diantaranya ada McGill University(19) & University of Toronto(29) dan masih banyak lagi. Dari data yang diatas McGill University mempunyai rangking yang lebih tinggi dari universitas lainnya di kanada.  Berikur saya akan memaparkan sedikit mengenai dua universitas ini.

Universitas yang terletak di di kaki Gunung Royal di Montreal Downtown,  mendapat namanya dari seorang pedangang skotlandia yang mewasiatkan untuk medirikan sebuah lembaga pendidikan, James Mcgill. Walaupun didirikan pada tahun 1821 tapi universitas ini tak aktif, hingga pada tahun 1829. Pada tahun 1884 universitas ini membuka kelas khusus untuk perempuan, yang dipelopori oleh Donald Smith. Pada tahun 1903 membangun sebuah kampus baru bernama Univesity of victora. Pembangunan ditujukan untuk mengambangkan penduduk di kota-kota yang baru tumbuh.
Universitas ini memiliki luas 32 hektar, dengan total mahasiswa yang belajar berjumlah +/- 32000 orang. Mahasiswa yang belajar disana berasal dari 160 negara yang berbeda, kebanyakan yang belajara adalah Amerika Serikat dengan presentase sebesar 37%, alasan Universitas ini diminati oleh mahasiswa dari Amerika Serikat dikarenkan biaya lebih rendah dari pada di Negara asalnya. Dalam sisi jurusan, Universitas ini memiliki 11 fakultas dengan 340 program akademik. 11 fakultas tersebut adalah Fakultas SeniFakultas IlmuFakultas KedokteranFakultas TeknikFakultas Desautels ManajemenFakultas Pertanian dan Ilmu Lingkungan HidupFakultas Kedokteran GigiFakultas PendidikanFakultas Hukum & Fakultas Ilmu Agama. Dengan presentasi mahasiswa 22% di fakultas seni, 15% di fakultas ilmu, 13% di fakultas kedokteran, 10% di fakultas tehnik dan sisanya berada di sisa fakultas yang lain. Selain memiliki 11 fakultas, Universitas McGill memiliki berbagai sekolah seperti sekolah aksitektur, sekolah keperawatan dan masih banyak lagi.
Selain juga memiliki berbagai macam fakultas dan program akademik yang bayak , universitas ini pula memiliki perpustakaan yang memiliki lebih dari 6 juta item. Selain juga ddi universtas ini dilengkapi oleh ruanagn kelas, labotarium computer, Ruangan para pengajar dan masih banyak lagi.
Selain dari segi fasilitas, universitas ini memiliki keunggulan dalam penelitian. Sekitar lebih dari 100 penemuan berlangsung di universitas ini. Sejak tahun 1926, Mcgill telah menjadi anggota dari Asosiasi Universitas Amerika.  McGill paling diakui untuk penelitian dan penemuan dalam ilmu kesehatan.William Osler , Wilder Penfield , Donald Hebb , Brenda Milner , dan membuat penemuan penting dalam kedokteran , ilmu saraf dan psikologi saat bekerja di McGill. Fisikawan nuklir Ernest Rutherford melakukan percobaan yang mengarah pada penemuan partikel alpha dan fungsinya dalam peluruhan radioaktif, yang memenangkan dia Hadiah Nobel dalam Kimia pada tahun 1908 melakukan penelitiannya di sini. Alumnus Jack Szostak, sekarang seorang profesor genetika di Massachusetts General Hospital di Boston, dianugerahi Hadiah Nobel 2009 dalam bidang kedokteran untuk menemukan mekanisme penting dalam operasi genetik sel.

Untuk informasi lebih lanjut,  anda dapat mengunjungi website:http://www.mcgill.ca/

seperti perlombaan lagi, Universitas McGill juga memiliki kopetitor.  Salah satunya adalah University of Toronto. University of Toronto sendiri merupakan salah satu universitas yang terkemuka juga di Canada.

Seperti halnya McGill, universitas ini juga memiliki sejarah yang panjang. Didirikan sejak tahun 1878 dengan gagasan oleh Strachan, King's College. Alasan awal pembangunan univesitas ini untuk pendidikan kaum muda dalam prinsip-prinsip Agama Kristen, dan untuk mereka pengajaran dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan dan Sastra. Namun dibalik tu semua ada muatan politik yang bertujuan agar tak menyebarnya republikalisme. Awalnya universitas ini terikat dengan gereja inggris, namun pada tahun 1849 pemerintah yang bertanggung jawab memutuskan untuk memutus hubungan universitas dengan gereja. Setiap kisah pasti memiliki sejarah yang kelam, ini juga berlaku pada University of Toronto. 1890 terjadi kebakaran hebat yang melahap 33 volume dari keseluruhan volume perustakaan.
Di universitas ini memiliki beberapa fakultas diantarnya:
 Fakultas Seni dan Ilmu PengetahuanFakultas Sains Terapan dan TeknikFakultas Arsitektur, Lansekap dan DesainFakultas Musik, Fakultas KedokteranFakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas FarmasiFakultas Kedokteran GigiFakultas Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat & Fakultas Hukum.
Yang paling menarik perhatian dari universitas ini adalah perpustakaannya. University of Toronto memiliki perpustakaan yang besar. Dan memiliki berbagai koleksi yang terdiri atas: 10juta bukuterikat, 5,4 juta microfilm, 70.000 judul serial dan 1 juta peta, film, grafis dan rekaman suara. Dan beberapa koleksinnya adalah papiru asli dari mesir dan buku langka The Thomas Fisher. Selain itu universitas ini memiliki koleksi karya seni diantaranya patung Bizantium , batu relief dari yunani dan lukisan Adam dan Hawa oleh Lucas Cranach the Elder.
Sejak 1926, Universitas Toronto telah menjadi anggota Asosiasi Universitas Amerika , universitan ini menghasilan banyak penemuan dalam berbagai bidang. siantaranya adalah mengembangkan G-jas , sebuah pakaian hidup hemat dikenakan oleh pilot pesawat tempur Sekutu, kemudian diadopsi untuk digunakan oleh astronot. Asteroid 2104 Toronto ditemukan dalam David Dunlap  di Richmond Hill dan Penemuan insulin di Universitas Toronto pada tahun 1921 dianggap salah satu peristiwa yang paling signifikan dalamsejarah obat-obatan dan masih banyak lagi penemuan yang berawal dari universitas ini.

Untuk informasi lebih lanju, anda dapat mengunjungi website:http://www.utoronto.ca/

Bila anda tertarik untuk melanjutkan studi ke dua universitas diatas atau pun universitas lain di Canada , anda sebaiknya megikuti langkah-langkah  dari Canadian Education Services International. sarannya :
1.    Pilihlah program belajar yang diinginkan

Pililah sesuai kemampuan maupun keterampilan yang anda puyai dan sesuaikan juga dengan apa pilihan pekerjaan yang hendak setelah selesai belajar dikerjakan.
2.    Perhitungkan biaya yang diperluakan

ini merupakan tahap yang cukup penting. tidak hanya biaya kuliah namun perhitungkan pula biaya untuk keperluan pribadi maupun biaya lain-lainnya.
3.    Kirimkan lah aplikasi anda ke sekolah yang anda hendak tuju
4.    Siapkan visa pelajar anda.

lakukakanlah hal ini setelah anda diterima di sekolah yang bersangkutan. Ingat pula untuk menggunakan asli.
5.  Berangkat
Setelah anda mendapat visa, maka anda siap berangkat. Ingatlah untuk membawa hal-hal   yang anda perlukan disana. 

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar